Monday, October 17, 2011

"MENTAL JUARA yang kuat lebih berharga dibanding STATUS JUARA"

udah lama nggak update..
kalo ini gue bener2 gatel banget untuk update dan komen..
kali ini bukan masalah kehidupan pribadi gue.

kebetulan, sabtu-minggu kemaren ada kompetisi marching band di Bandung.
dan kebetulan band gue ikut di kategori brass ensamble dan brass band
KITA.. KAMI... di band KITA/KAMI selalu diajarkan untuk ga pernah membalas komentar atau apapun di dunia maya tentang apa yang mereka katakan baik untuk kita/kami atau bukan. intinya dilarang ikut2an, mungkin sekalipun itu komentar baik.
JUJUR.. gue SANGAT respek dengan SEMUA band rival yang ada di Kategori yang sama meskipun banyak yg gue ga tau.. ini bener.
tapi kok yaaaa... satu hari setelah lomba.. salah satu dari seluruh band yang gue maksud (no mention)ada satu band yg salah satu update-an statusnya bikin gue bener2 tersinggung. disini gue bukannya sombong, kebetulan di kejuaraan kali ini band gue menjuarai semua kategori yang diikutin.. dan jujur gue nggak tau sebenernya yang di maksud hampir SELURUH anggota band ini siapa.. walaupun beberapa dari mereka ada yang nulis hal2 baik.
cuma yaaa.. gue agak tersinggung aja, band2 yg menang emang lahir dari sebuah "TINDAK KRIMINAL" hah?? SANGAT TERLIHAT BETAPA KALIAN GA BISA MENERIMA KELAHAN! JANGAN MASSA AJA BOSS YANG DIBANYAKIN. KAYANYA KALIAN HARUS COACHING CLINIC MENTAL KHUSUS ANAK MARCHING BAND!!!!
GILA KALI YANG NULIS.. oke mungkin bukan band gue, mungkin band lain.. dan gue ga tau apa yang terjadi di belakang..
tapi apa pantes ngomong kaya gitu? yang gue tau kalian semua mahasiswa2 yang kuliah di univ yg oke,kok ya ngomongnya gitu ya? mana hasil pendidikan tinggi nya?
kita semua yang bertanding latihan, kalian juga! kita semua berdoa dan berharap untuk yang terbaik, kalian pasti!
tapi kalo emang kalian "juara" mestinya mental kalian nggak segitu cemennya untuk ngomong hal2 yang kaya gitu.
dan sekali lagi gue tekankan disini, gue emang nggak tau ocehan di status kalian itu untuk rival kalian yang mana..
kalo mau tau aja sih nih ya, waktu band kami/kita dikasih tau kalo semua kategori yang kita mainin itu juara satu mungkin kita bahagia, bersyukur, nggak nyangka..
tapi kita masih sempet "diskusi" kecil dan saling bilang.. "itu kenapa bisa begitu?" yang main aja heran kenapa kita bisa juara.. karena mereka mengakui kalo mereka main nggak maksimal. dan kita siap klo kita kalah walaupun pasti ada rasa kecewa..dan kami sangat mengakui bahwa permainan kalian OKE BANGET!!
entah sih mental ini masih bertahan apa nggak di band gue..
tapi dari pertama kali gue bergabung, pesan yang selalu disampaikan setiap mau bertanding adalah.. "kalah menang itu urusan belakangan, yang penting kalian main menampilkan yang terbaik yang kita punya dan orang bisa terhibur. terserah orang mau bilang apa ya itulah kita" kurang lebih intinya begitu. bukan berarti kita ga punya target/tujuan/cita2 jadi juara. tapi kalo saat kita maen target kita fokus cuma buat satu itu, saat kita kalah hancur udah. down banget pasti. kecewa berat dan hasilnya apa??? ya kaya yang gue bilang diatas tadi, klo udah ga terima bakalan ngejelek2in di dunia maya walaupun ga menyebutkan "siapa".

ayolah, kita semua orang2 yang pernah atau bahkan udah sering ada di kompetisi besar.. yang JAUH LEBIH KOMPETITIF dari yang kemaren..
sportif lah.. tengok deh pemain2 kita, kebanyakan masih anak2..
emang kalian nggak malu kalah sama anak2 kecil dan bersungut2 di depan orang banyak yang tau?
belajar ikhlas itu susah, tapi kalo MENTAL kalian adalah MENTAL JUARA dan yakin klo musik dan permainan kalian lebih pantes jadi juara ga gitu caranya mba/mas..
seharusnya "KALAH DARI ANAK KECIL" itu jadi pembelajaran buat kalian.
sebenernya sih asal kata2 kalian hanya menujukkan bahwa kalian "meragukan hasil" mungkin gue ga akan nulis panjang lebar di blog gue ini, tapi salah satu anggota kalian kelewatan nulisnya..

gue sih disini doain aja semoga kalian terbuka pikirannya. terpacu untuk ngalahin siapa2 yang udah ngalahin kalian, yang kalian pikir ga pantes jadi pemenang.. ganti squad nya kalo perlu!! kita tanding lagi dengan juri yang berbeda atau mungkin semua juri yang pernah menyaksikan band kami dan band anda main kumpulin aja siapa yang menang. GA TAKUT KALAH adalah mental yang sebenarnya harus dimiliki orang2 yang berkompetisi..

No comments:

Post a Comment